RSS

Penanggulangan Pemanasan Global

Di dalam memecahkan kasus pemanasan global, ada beberapa hal kecil yang bisa kita lakukan dalam menanggulangi permasalahan ini.

Solving Gobal Warming
  • Di Rumah
  1. Pakailah alat elektronik yang hemat energi, termasuk lampu.
Dengan memakai alat elektronik yang hemat energi, tentu saja kita bisa menghemat pemakaian listrik dan uang secara berlebihan. Selain itu juga, jika melirik kepada proses adanya tenaga listrik kita secara tidak langsung telah menghemat pemakaian bahan bakar fossil yang digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik. Itulah sebabnya mengapa Pemerintah maupun distributor alat-alat elektronik gencar mengkampanyekan "penghematan energi". Hal ini sudah seharusnya kita sadari lebih awal bahwa fakta menunjukkan ketersediaan energi yang tidak bisa diperbaharui sudah sedikit sedangkan populasi penduduk semakin meningkat. Dan hal ini juga semestinya dijadikan bukti bahwa mereka adalah orang-orang yang peduli terhadap lingkungan. Ayo...kita pakai barang hemat energi :-) !!!
    2.  Biasakan mematikan barang elektronik apabila tidak dipakai.
Contohnya mematikan lampu ketika mau tidur, mematikan TV apabila tidak ada yang menonton (banyak fakta di masyarakat bahwa secara tidak sadar mereka sering menyalakan TV di rumahnya agar seolah-olah ada orang di rumah. Padahal yang punya rumah sedang main ke tetangga dan lain sebagainya. Apakah anda termasuk di dalamnya? :-) ayo hentikan kebiasaan boros energi...!!!

   3.  Jemurlah baju di bawah sinar matahari, jangan memakai dryer untuk mengeringkan baju!
Alasannya sederhana, karena CFC ada di dalam alat / mesin pendingin, dryer, dan lain sebagainya seperti yang telah saya jelaskan di postingan sebelumnya.

  • Perjalanan
  1. Travel yang baik
Jika menggunakan kendaraan bermotor, pakailah yang hemat bahan bakar. Seperti kendaraan hybrid dan electric. Lalu periksalah ban kendaraan anda setiap minggu agar selalu dalam keadaan terawat dan penuh.

Berjalan kakilah, atau gunakanlah sepeda. Itu lebih baik dan lebih menyehatkan bukan :-) !

Pakailah transportasi umum. Hal ini lebih disarankan dari pada naik kendaraan sendiri :-). Tujuannya supaya jumlah kendaraan pribadi tidak terus meningkat penggunaannya, dan mengurangi CO2 yang semakin pekat.

     2.  Travel yang buruk
Sebenarnya, dengan naik pesawat kita juga telah ikut berpartisipasi dalam meningkatkan Pemanasan Global. Mengapa? Karena bahan bakar pesawat mengeluarkan CO2....


Globally
  • Belilah makanan lokal. Dan sebisa mungkin jangan membeli makanan yang sudah di didinginkan atau Frozen. Makanan Segar lebih baik dan lebih sehat :-). Mengapa disarankan membeli makanan lokal? karena makanan luar itu pada umumnya melalui proses pengawetan dan pengolahan di pabrik yang tentunya memakai bahan bakar fossil. Meski di dalam lokal juga ada beberapa yang diawetkan, tetapi disini lebih ditekankan belilah makanan yang masih segar.
  • Gunakanlah KB dan rencanakan untuk mempunyai cukup 2 anak saja :-)
  • Gunakanlah kertas daur ulang.
  • Gunakanlah tas kain saat berbelanja, dari pada menggunakan tas plastik.
  • Konsumsilah banyak sayuran dan sedikit daging. Karena hewan adalah pengahasil methane.
  • Tanamlah banyak pohon.
  • Berbicaralah kepada kawan / kerabat tentang global warming yang sedang terjadi, dengan begitu mereka akan menyadari dan tertarik untuk menjaga lingkungan sekitar.
  • Gunakannlah saputangan dari pada menggunakan tissu.


Go Green for Save Our Earth :-)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 comments:

UzMaN KHaN said...

keren euyy... tapi bingung, skr teh sebenarnya lagi pemanasan global atau pendinginan global sih? soalna tiap hari oge asa tiris ppisan ayeuna mah heueheu

Unknown said...

atuh kalo pendinginan global mah janten es panginten. dan kutub juga ga akan mencair kalo emang pendinginan global mah. kalo pagi2 ya wajar suhunya dingin, apalagi daerah pegunungan. kaya di rumah saya. hehe...mklum ka masih banyak pepohonan....begonoh.. :-D

Post a Comment