RSS

Pemanasan Global

Apa itu pemasan global?

Kadang-kadang kita sering keliru bahwa pemanasan global itu terjadi karena menipisnya lapisan Ozon. Padahal itu adalah dua hal yang berbeda.
Pemanasan global adalah naiknya suhu rata-rata permukaan bumi akibat emisi karbon atau lebih tepatnya karena terjadinya efek rumah kaca.
Lalu mungkin muncul di benak anda, efek rumah kaca itu yang kaya gimana ya?
Efek rumah kaca itu adalah kondisi dimana cahaya matahari yang masuk ke bumi, terpantul-pantul karena pekatnya CO2 di atmosfer. Efek rumah kaca terjadi karena gas rumah kaca (greenhouse gases).
Selain itu efek rumah kaca juga disebabkan oleh radiasi matahari (solar radiation), pantulan-pantulan cahaya dari es (ice reflects), serapan air laut (water absorbs).



Awal Mula Pemanasan Global



Science of Global Warming


Pemanasan global diawali dengan adanya Revolusi Industri tahun 1750.  

Dimana ditemukannya mesin uap oleh James Watt. Sejak saat itu, dikenal lah yang namanya pabrik. Padahal sebelum revolusi, industri dekerjakan di rumah-rumah penduduk. Mengapa ini menjadi titik awal penyebab Pemanasan Global? Hal ini dikarenakan bahwa yang namanya mesin uap itu bekerja karena adanya pembakaran. Gas dari pembakaran itu naik ke angkasa, sehingga semakin lama gas-gas yang dikeluarkan oleh pabrik-pabrik, kendaraan bermotor, pesawat, dsb menyebabkan permukaan bumi menjadi pekat oleh CO2.

Suhu bumi kita sebelumnya adalah 14 derajat Celcius, dan suhu ini berada dalam keseimbangan alam yang baik. Selama kurang lebih 10.000 tahun makhluk hidup merasa nyaman hidup di bumi.
Setelah terjadi Revolusi Industri, suhu bumi kita naik 0,7 derajat Celcius. Ini diakibatkan karena banyaknya pembakaran bahan bakar fosil untuk memenuhi kebutuhan manusia baik itu untuk listrik, transportasi, dsb. Dengan itu pula limbah CO2 semakin tidak bisa dikendalikan.

Jumlah CO2 pada tahun 1750-an yaitu sekitar 280 bagian / sejuta. Ini terjadi pada saat suhu bumi masih 14 derajat Celcius.
Jumlah CO2 sekarang ini adalah 380 bagian / sejuta. Sehingga menyebabkan suhu bumi naik menjadi 14,7 derajat Celcius. Ini adalah angka tertinggi selama 650.000 tahun.

Gas Rumah Kaca

Gas rumah kaca tidak hanya terdiri dari CO2 saja, tetapi diantaranya terdiri dari CFC dan Methane. Gas Karbondioksida (CO2) adalah polusi paling banyak yang dihasilkan dan berlangsung selama puluhan tahun dalam berabad-abad.

Gas Methane adalah peringkat kedua sebagai polusi yang paling banyak dihasilkan. Gas Metahane berasal dari hewan. Itulah alasannya mengapa PBB mendeklarasikan supaya kita menjadi seorang vegetarian, tidak lagi memakan daging-dagingan. Karena semakin banyak daging dibutuhkan, maka semakin banyak pula hewan yang harus disediakan. Dan tentunya semakin tinggi pula gas methane yang melayang di atmosfer bumi kita.

CFC singkatan dari Chlorofluorocarbon. CFC adalah bagian dari gas rumah kaca. Selain menyebabkan pemanasan global, CFC juga mengakibatkan lapisan ozon menipis. Akibat menipisnya lapisan ozon intensitas cahaya tidak terfilter dengan baik.
Bagaimana Lapisan Ozon bisa menipis?
CFC adalah senyawa-senyawa yang mengandung atom karbon dengan klorin dan fluorin. Zat-zat ini tidak mudah terbakar. CFC biasanya digunakan di mesin pendingin (kulkas, AC), kemudian Dryer, begitu juga Spray seperti di dalam parfum, hair spray, obat anti nyamuk, dsb. Semakin banyak CFC yang terangkat ke angkasa maka semakin besar pula akibatnya yaitu menipisnya lapisan ozon.

Selanjutnya = = = >>>  hal-hal kecil yang mungkin bisa kita lakukan di dalam partisipasi Go Green for Save Our Earth

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment